Rumus Luas Poligon Beraturan

Rabu, 26 Januari 2011

advertisement
Maaf terlalu lama posting, sebenarnya rumus yang satu ini sudah selesai sejak tahun 2009 tapi kalian tahulah abang ini belum terlalu rajin. Rumus suguhan abang berikut ini digunakan untuk menentukan luas poligon alias segi banyak berdasarkan jumlah seginya, dengan catatan segi banyak yang dibuat adalah segi banyak beraturan.

Gambar segi banyak

Gambar rumusnya

A= jarak pusat polygon ke sudut

N= jumlah segi

Untuk penggunaannya sebenarnya mudah saja, saya yakin pembaca pun sudah tahu, tapi karena tuntutan formalitas (walaupun tak begitu kuat) akan saya jelaskan juga.

N dalam rumus tersebut adalah jumlah segi yang ingin dicari seandainya anda mencari luas segi 6 beraturan maka masukkan 6 sebagai pengganti n, maka anda dapat 3a2sin(60) mudahkan? Berikutnya anda tinggal memasukkan jari-jari polygon ke rumus, tergantung seberapa besar segi 6 yang ingin anda cari.

Ya semudah itulah, oh iya rumus ini sebenarnya ibu dari rumus lingkaran

Gambar rumus lingkaran

Jika kita anggap lingkaran adalah segi banyak tak terhingga

Gambar menuju tak hingga

Maka luas segi tak hingga dengan jari-jari r adalah

Gambar penjelasan dengan limit

Maka anda percaya kan? Rumus yang saya temukan sendiri ini memang ibunya rumus itu

Mengenai proses bagaimana saya menemukannya hanya akan saya jelaskan bagi orang yang mendatangi saya di rumah saya ya. Karena agak merepotkan kalau ditulis di blog. Entah saya orang pertama, atau keberapa yang penting saya bangga mencarinya sendiri, cari rumus temuan anda sendiri!

 

Tulisan Populer

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Selalu ketinggalan tulisan terbaru kami? Tinggalkan saja alamat emailmu! Jadi kami bisa memberi kabar tiap kali sebuah tulisan baru terbit.