Penurunan Rumus Luas Trapesium

Rabu, 20 April 2011

advertisement
bagaimana rumus luas bidang trapesium ditemukan
Ya, kali ini materinya Geometri. Di postingan ini abang akan jelaskan kenapa Rumus Trapesium bisa jadi sedemikian anehnya.

Coba lihat trapesium disamping. Nah disitukan jelas bahwa tinggi trapesiumnya t, dalam contoh kali ini anggaplah t=6. Dan sisi sejajar atas dan bawah masing masing panjangnya a dan b, dalam contoh kali ini abang buat a=4 dan b=8.

Nah seandainya abang ga tau nih rumus trapesium tapi abang tau rumus persegi panjang kalau gitu abang ubah aja trapesium jadi persegi panjang, Caranya?


Lihat gambar disamping, Silakan tebas Trapesium itu tepat ditengah dengan samurai pikiran kalian sampai dia terpotong dua. Berarti tinggi masing-masing bagian jadi 3. Lalu ambil bagian diatas, putar dan letakkan di samping bagian bawah seperti gambar, Sudah jadi persegi panjang kan? Lho memangnya sama luasnya bang? Selama tidak ada kita korupsi luasnya akan tetap sama koq, walaupun kamu potong ampe sekecil sel, tapi kalau dibalikin lagi luasnya tetap sama.

Sekarang tinggal mencari luas persegi panjang itu, karena luas dia pasti sama dengan luas trapesium tadi.

Luas Persegi Panjang = Panjang x Tinggi
Luas Persegi Panjang = (a+b) x ½nya Tinggi Trapesium                 (ini rumusnya)
Luas Persegi Panjang = (6+8) x ½nya 6
Luas Persegi Panjang = (14) x 3

Luas Persegi Panjang = 42

Nah begitulah, kalau bentuknya seperti ini sama saja, tapi potongnya di garis putus-putus. Ntar letakkan di sebelah kanan, atau cara kedua, tetap saja potong di tengah secara horizontal seerti diatas, tapi nantinya jadi jajar genjang bukan persegi panjang, Silakan dicoba sendiri
 bagaimana menemukan rumus louas trapesium dari segitiga
 

Tulisan Populer

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Selalu ketinggalan tulisan terbaru kami? Tinggalkan saja alamat emailmu! Jadi kami bisa memberi kabar tiap kali sebuah tulisan baru terbit.