Membuat Algoritma Flowchart Pemrograman Pascal

Selasa, 21 Januari 2014

advertisement
Dalam mata kuliah pemrograman kamu pasti akan dikenalkan lebih dahulu dengan sebuah istilah yang disebut flowchart. Sebenarnya flowchart itu ada banyak jenisnya tapi yang dibahas dalam pemrograman ya tentu saja flowchart untuk alur kerja program.

Entah mengapa flowchart dirasakan sangat penting oleh dosen-dosen itu untuk membuat program. Awalnya saya juga merasa langkah ini tidak begitu penting, “kalau mau memprogram ya program saja” tapi belakangan saya menyadari saya salah. Justru sekarang saya berbalik meyakini flowchart harus lebih dulu dipelajari. Jadi sebelum kamu juga menyesal, yakinlah, kamu akan membutuhkan pelajaran ini.

Dalam postingan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat bagan alir atau lebih dikenal dengan istilah Flowchart langkah demi langkah (step by step)


Sebenarnya tidak ada yang sulit dalam membuat flowchart. Jika kamu mengerti program seperti apa yang ingin kamu buat, pasti mudah bagimu untuk melakukannya.

Misalnya saya punya program: MINTA UANG JAJAN. Saya bisa bikin flowchartnya kira-kira seperti ini. 

contoh flowchart (diagram alir) meminta jajan pada orang tua belajar simbol pemrograman mudah


Mudah kan? Hanya saja tidak mungkin kita berkomunikasi dengan komputer dengan bahasa seperti itu. Kita ingin bahasanya lebih disederhanakan.

Bahasa "uang yang diinginkan" tentu dapat diringkas jadi INPUT: variabel DUIT
Bahasa "katakan jumlah uangnya" tentu dapat diperpendek jadi CALL atau READ: variabel DUIT
Dalam bagan diatas kita juga melihat adanya perulangan yang dalam pemrograman disebut looping. Dalam bagan itu terlihat bahwa mendatangi ibu dan minta duit sama ibu bisa saja dilakukan berkali-kali sampai si ibu mau. Tapi sebelum diulang kita harus lebih dahulu menurunkan standar uang yang diminta, kalau tidak mau 7000 coba 6000, kalau masih tak mau coba 5000, pokoknya sampai dia mau.

Mungkin algoritma minta jajanmu agak sedikit berbeda. Tuliskanlah algoritmamu sendiri itu, latihan itu akan membantumu mengerjakan tugas-tugas pemrogramanmu berikutnya. Baik itu Pascal, C++, Java, Python, HTML, atau apapun itu.

Yang harus kamu lakukan berikutnya adalah merubah simbol-simbol di baganmu. Bagan Flowchart punya simbol-simbol kesepakatan sendiri yang harus kamu ikuti untuk membuat baganmu bisa dimengerti siapa saja dimana saja.

Jika tadinya baganmu ditulis didalam kotak semua, sekarang ubahlah dengan tanda-tanda berikut ini.

simbol-simbol dalam diagram flowchart dan makna (artinya)

Nanti kalau diubah dan dimodifikasi jadi seperti ini kelihatannya

contoh cara membuat flowchart if while and do looping pemrograman pascal

Sekarang baganmu pasti jadi terlihat lebih keren. Sebenarnya sampai disini, baganmu sudah jadi. Kamu tinggal melengkapi baganmu sesuai petunjuk yanga da di bukumu, misalnya, bagan selalu dimulai dari START - INPUT - PROSES - OUTPUT - END.

Berikutnya saya yakin kamu akan belajar lebih baik dengan contoh. Jadi perhatikan contoh pemrograman pascal ini.

TUGAS BLOGKU
1
21
321
4321
54321
654321
...
dst

Nah untuk membuat hasil seperti diatas kira-kira seperti inilah flowchartnya



 

Tulisan Populer

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Selalu ketinggalan tulisan terbaru kami? Tinggalkan saja alamat emailmu! Jadi kami bisa memberi kabar tiap kali sebuah tulisan baru terbit.