PENCARI HARI HIJRIAH

Rabu, 26 Januari 2011

Jika anda pernah membaca penemuan saya sebelumnya mengenai pencari hari versi 1 dan 2 pada tanggalan masehi maka kali ini saya persembahkan pencari hari hijriah.

Jika anda belum pernah membaca pencari hari versi 1 dan versi 2 Masehi, sempatkanlah diri anda untuk membacanya disini dan disini.

Cara menggunakan pencari hari hijriah ini tidak jauh berbeda dengan yang masehi jika pada pencari hari masehi ada A + B + C + D + E, di pencari hari hijriah hanya ada A + B + C. A adalah kode tanggal, B kode bulan, dan C kode tahun. Pada pencari hari hijriah ini tahun hanya memiliki satu kode tidak seperti di masehi (C dan D), dan peletakan kabisat di hijriah lebih baik yaitu pada akhir tahun sehingga tidak memerlukan kode E yang merepotkan.

Berikut ini tabelnya, anda bisa download disini.

Cara menggunakannya:

  1. Siapkan tanggal bulan dan tahunnya.
  2. Ambil kode tanggal pada tabel hari dengan angka tanggal yang anda miliki. 
  3. Ambil kode bulan pada tabel bulan dengan angka bulan yang anda miliki. 
  4. Untuk tahunnya, pertama cari sisa bagi tahun anda dengan 30, lalu masukkan sisanya ke tabel tahun. Ambil kodenya diatas (hanya 1 kode, tak perlu ditambahkan seperti di masehi) 
  5. Jumlahkan semua kode yang anda dapat dan cocokkan ke tabel hari, hari apa itu? 
Tunggu posting temuan saya berikutnya

Rumus luas polygon beraturan, rumus untuk menghindari “integral yang melelahkan”, konversi harihijriah dan masehi selamanya( belum selesai). Pola decimal, pola Pythagoras. Segitiga habib (karena segitiga ini buatan saya) dan lain-lain dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to Comment..
Bagi yang punya email silakan komentar pakai akunnya,
Bagi blogger atau pengunjung lainnya gunakan nama dan url (supaya bisa disapa)

 

Tulisan Populer