Teorema Terakhir Fermat

Kamis, 06 Januari 2011

Kalau anda adalah seorang peminat matematika, mungkin pernah mendengar "teorema terakhir fermat". Sebenarnya istilah "terakhir" bukan berarti teorema yang terakhir dipublikasikan, melainkan terakhir untuk dibuktikan. Ternyata memang tidak ada bukti yang berhasil ditemukan selama 357 tahun.Hebat ya?

Adalah seorang matematikawan abad ke-17 bernama pierre de Fermat yang sering menulis komentar di bagian pinggir buku, menulis (kira-kira) sebagai berikut "Tidak ada solusi (selain nol) untuk semua x,y,z dimana

 Xn + Yn = Zn dimana n > 2. 

Saya punya bukti yang meyakinkan untuk hal ini tapi sayang pinggiran buku ini terlalu sempit untuk menuliskannya". Pernyataan ini yang dikenal dengan teorema terakhir fermat karena sampai akhir hayatnya tidak pernah dipublikasikan bagaimana pembuktian yang dimaksud."

Walaupun kelihatan hanya sebuah soalan yang kelihatan sederhana namun selama lebih dari 300 tahun belum ada satupun matematikawan yang berhasil membuktikan teorema tersebut.

AKHIRNYA ADA JUGA
Akhirnya seorang bernama Andre Wiles yang waktu berumur 10 tahun membaca mengenai teorema ini. "Selama 300 tahun tidak ada seorang matematikawan besar yang berhasil membuktikan teorema ini. Aku harus bisa!" Demikan kira2 pikirannya waktu itu. Kurang lebih selama tujuh tahun doi berkonsentrasi untuk memecahkan masalah tersebut hingga akhirnya sekitar awal pertengahan tahun 1993. Doi menggunakan pembuktian dalam permasalahan "Taniyama-Shimura conjecture" yaitu suatu permasalahan tentang kurva ellips. Dala kuliah tentang pembuktian ini yang terbagi dalam 3x pertemuan bukannya membicarakan tentang teorema fermat, doi malah menjelaskan tentang kurva elllips, namun dalam kuliah terakhir, Wiles menggiring para peserta ke tujuan sebenarnya. Segera setelah doi mneyelsaikan pembuktian "Taniyama-Shimura conjecture" dia menuliskan teorema terakhir Fermat di papan tulis dan berkata "Saya pikir cukup sampai disini".

Sebenarnya ada sedikit masalah, pembuktian yang diberikan masih mengandung kesalahan. Hal ini ditemukan oleh nick Katz. setelah berusaha menelusuri kembali pembuktiannya, akhirnya pembuktian ini rampung pada tahun 1994, terdiri atas 200 halaman berisi rumusan yang kalau dibaca akan sulit dipahami oleh sebagian besar orang.

Walau demikian, tampaknya belum benar-benar solve. Pembuktian yang ditemukan wiley bisa jadi tidak sama dengan pembuktian yang dimiliki Fermat. Menurut Wiley, teknik yang dia gunakan untuk membuktikan teorema ini belum ada pada zaman ketika fermat masih hidup. Jadi masih ada dua kemungkinan: Terdapat pembuktian yang lebih sederhana, atau sebenarnya fermat berbohong (bahwa dia punya pembuktiannya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to Comment..
Bagi yang punya email silakan komentar pakai akunnya,
Bagi blogger atau pengunjung lainnya gunakan nama dan url (supaya bisa disapa)

 

Tulisan Populer