Tetap Kreatif dan Produktif Saat Tidak Kuliah

Kamis, 21 Januari 2016

edukasi kompasiana kegalauan anak yang tidak lulus ujian SBMPTN

Seorang blogger bernama James Altucher pernah menulis beberapa alternatif kegiatan yang bisa kamu lakukan jika kamu memilih untuk tidak kuliah. Tentu saja kamu juga bisa melakukan hal yang sama sambil menunggu seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun depan.


Diantara beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk membuat hari-harimu jauh lebih produktif ketimbang mereka yang kuliah adalah:


TULIS SEBUAH BUKU!
Coba bayangkan berapa tebal buku yang bisa kamu hasilkan jika satu tahun ini kamu gunakan untuk menulis dua halaman saja setiap harinya? Lumayan kan!

Tidakkah kamu berpikir satu tahun adalah waktu yang cukup panjang untuk dihabiskan tanpa melakukan apapun? Coba pikir, sekarang kamu tak harus berangkat pagi-pagi ke sekolah lagi. Kamu juga tak harus mengerjakan tugas-tugas sekolah lagi. Kamu punya satu hari penuh untuk digunakan.

Sebenarnya kamu boleh menggunakannya untuk apapun tapi aku lebih suka menyarankan kamu untuk menulis. Selain berpotensi untuk mengenal dan dikenal banyak orang, menulis akan membantumu meluruskan cara berpikir dan itu akan sangat berguna dimana pun nantinya kamu akan berada.


MELUKIS ATAU MEMBUAT KALIGRAFI
Jika kamu hobi menggambar kamu bisa coba yang ini. Jangan cuma jadikan itu sebagai hobi, coba beli sebuah kanvas dan jual karyamu. Siapa yang tahu jika kamu akan menjadi seorang pelukis terkenal nantinya?

Jika kamu tidak hobi melukis, kamu juga boleh membuat sebuah prakarya, atau apapun yang bisa kamu buat. Tidak harus ide-ide besar dan hebat. Ide apapun bagus jika dijalankan.


MAGANG ATAU KERJA
Selain menghasilkan uang. Magang juga memberi kamu pengalaman bagus. Ada jauh lebih banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan di tempat kerja ketimbang di kampus.

Pengalaman magang ini sering kali menjadi pertimbangan yang lebih berpengaruh ketimbang nilai yang tertulis di atas ijazah seorang sarjana. Aku bisa jamin teman-teman kamu yang kuliah nanti akan iri padamu saat nanti kalian melamar kerja.


BERDAGANG
Jangan pernah sekali-kali kamu percaya jika ada yang bilang tidak semua orang bisa jadi pengusaha. Mereka hanya tidak ingin kamu sukses dan jadi kaya raya. Jangan takut untuk gagal di awal-awal. Kegagalan tidak berarti kamu tidak berbakat.

Apa kamu langsung bisa berjalan? Apa kamu langsung bisa naik sepeda? Apa kamu langsung bisa membaca tanpa pernah gagal waktu belajar dulu? Kegagalan itu bagian dari pembelajaran. Selama kamu mau berlatih dan mencoba lagi, tidak ada yang tidak bisa kamu lakukan. Begitu pula dengan berdagang.

Di dekat tempat aku mengajar, ada seorang anak seumuran kamu yang setiap minggu berjualan mie balap dari jam 6 sampai jam 9 dan ia mengantongi lebih dari 3 juta setiap bulannya. Lumayan kan buat jajan?


MEMBANGUN SILATURAHMI
Jika selama ini kamu lebih banyak menghabiskan waktu di sekolah karena jadwal full-day school yang padat. Sekarang gunakanlah waktu yang kalian miliki untuk membangun jaringan pertemanan. Ikuti les di salah satu bimbingan belajar untuk bertemu dengan orang-orang baru. Ikuti kelompok relawan pekerja sosial. Ikuti komunitas pecinta hamster atau komunitas apa saja yang membuatmu berkenalan dengan banyak orang.

Percayalah, silaturahmi memanjangkan umur dan membuat rezeki bertambah banyak. Tuhan hanya menurunkan rezeki dengan dua cara. Yang pertama dengan cara langsung dan yang kedua dengan melalui perantara kenalanmu. Jika kamu tidak cukup yakin rezeki itu bisa mengalir padamu dengan cara pertama maka perbanyaklah teman.

Pilihlah teman-teman yang baik dan bisa memberimu pengaruh yang baik. Kemudian lakukan dengan ikhlas karena rezeki itu memang akan datang dengan sendirinya.

rumah perempuan indonesia

Sudah dapat kan? Pokoknya buat diri kamu berguna! Jangan sia-siakan waktu seperti yang kamu lakukan pada tiga tahun terakhir. Dengan melakukan satu saja dari pilihan-pilihan di atas, aku yakin teman-temanmu akan mendapatimu menjadi pribadi yang lebih baik, lebih menarik dan lebih keren tentunya.

Dan jika kalian memang ingin tetap kuliah tahun depan, sekali lagi kuingatkan jangan lupa untuk terlebih dahulu meluruskan niat. Aku akan senang mendengar kabarmu lagi nanti.

Every second counts.

2 komentar

  1. Sayajuga punya niat untuk kuliah suatu saat, tetapi mempetimbangkan umur sekarang rasanya belajar melalui internet dan berbagi pengetahuan diblog menjadi prioritas utama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarang yang seberani mas thatho ini. Salut mas!

      Hapus

Feel free to Comment..
Bagi yang punya email silakan komentar pakai akunnya,
Bagi blogger atau pengunjung lainnya gunakan nama dan url (supaya bisa disapa)

 

Tulisan Populer