Tips Membuat Presentasi Kuliah Jadi Menarik (2)

Selasa, 24 November 2015

Meniru gaya presentasi menarik Steve Jobs

Tadi kamu sudah membuat file presentasi terbaik. Sekarang kamunya yang harus diperbaiki. 

Aku sendiri sudah berkali-kali tertolong berkat kemampuan presentasi yang cukup baik. Ingat tidak kalau aku ini seorang pemalas sejati? Ingat tidak kalau kawan-kawanku selalu mengeluh aku tak pernah beres kalau dikasi kerjaan atau tugas kelompok? Tapi coba lihat, nilaiku tetap sama baiknya, bahkan kadang lebih baik dibanding mereka yang rajin-rajin. Bahkan pernah suatu ketika aku mendapat nilai penuh dalam nilai tugasku, dan dapat poin cadangan sebanyak +2 poin karena nilai tugasku sudah penuh sementara nilai teman-temanku biasa aja (padahal mereka yang ngerjain makalah dan powerpointnya, aku cuma duduk dan terima fotokopiannya). Itu semua berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa dan karena saat menyajikan makalah aku sudah menguasai beberapa teknik sederhana yang juga bisa kamu terapkan di kelas.

Dibawah ini ada beberapa kesalahan umum yang harus dihindari oleh menyaji makalah pemula seperti kamu (becanda). Dengan menghindari kesalahan-kesalahan ini kamu tidak akan kena tegur dosenmu.

4 KESALAHAN UMUM PEMAKALAH


1. TERLALU BANYAK MENGGUNAKAN BAHASA YANG DIULANG-ULANG DAN BERBELIT-BELIT

Begini lho.. istilahnya, aku pingin ngejelasin kalau,, eee… bahwa bahasa yang diulang itu ya seperti itu lho. Macemana aku bilangnya ya, istilahnya ya bahasanya ya terus diulang-ulang gitu lho..

Paham kan? Tadi itu contoh.. kata-kata seperti “eee..” “..istilahnya..” dan “lho” akan mengganggu, apalagi jika audiens kita berhasil menghitung jumlahnya.

2. SOK ILMIAH DENGAN BAHASA ILMIAH 

Jangan sesekali menggunakan bahasa ilmiah jika kamu tidak mengerti artinya kecuali kamu ingin dipermalukan seperti Vicky di tv-tv itu. Interpolasi, Asimilasi, Bioelektrika, Kudeta suka ati lah, mau bahasa apapun itu, kata-kata itu tidak akan terlalu keren jika kamu tidak menggunakannya dengan tepat. Daripada menggunakan bahasa-bahasa sok ilmiah seperti dualisme lebih baik gunakan yang jelas-jelas saja, seperti Munafik. Gak zamannya lagi yang bahasanya aneh itu disebut pinter, justru sekarang yang pinter itu jika kamu bisa menjelaskan yang sulit menjadi sederhana. 

3. TERLALU DIAM ATAU TERLALU AKTIF

Ini biasanya diakibatkan gaya bawaan lahir atau tidak menguasai materi. Kamu cukup bayangkan saja, ketenangan dan kelembutan, dan biarkan dirimu mengalir dengan itu. 

4. MEMBACA MAKALAH ATAU MEMBACA SLIDE

Dalam dunia presentasi, makalah tidak perlu dibaca. Itu akan memalukan. Kamu dituntut untuk menjelaskan. Bahkan membaca slide pun tak boleh, kamu akan dianggap tidak menguasai materi. Tunjukkan saja slidenya pada mereka dan jelaskan dengan bahasamu sendiri.


Sekian dulu tips presentasi dari saya. Semoga presentasimu besok jadi menyenangkan. Tepuk tangan untuk diri anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to Comment..
Bagi yang punya email silakan komentar pakai akunnya,
Bagi blogger atau pengunjung lainnya gunakan nama dan url (supaya bisa disapa)

 

Tulisan Populer