Tips Membuat Presentasi Kuliah Jadi Menarik

Selasa, 24 November 2015

Steve Jobs adalah tokoh yang dianggap paling jago membuat presentasi yang keren elegan jelas dan menarik

Teman-teman pasti bingung, kok tumben-tumbenan aku bikin posting kayak begini. Tapi gpp-lah, posting ini kubuat untuk menambah tulisan dibawah label tips yang dari dulu cuma ada satu biji. Dan tentu saja tips yang akan kubagi ini sangat berguna dan kamu perlukan. Jadi mari kita lihat.

Kamu yang sudah menginjak bangku kuliah pasti gak asing dengan yang namanya presentasi, pleno, sidang, atau apapun namanya, pokoknya kamu disuruh maju menjelaskan makalah atau berkas (file) presentasi yang telah kamu buat. Dalam presentasi atau pleno tersebut kamu diharuskan untuk menguasai bahan materi yang telah diberikan kepadamu dan punya tanggung jawab untuk menyampaikan kembali ide-ide yang telah kamu dapat di depan kelas agar bisa dikonsumsi oleh semua temanmu yang lain.


Masalahnya adalah walaupun kamu sudah menguasai materi dengan baik, membuat presentasi yang menarik dan membuat presentasi berjalan dengan baik tidaklah semudah itu. Apalagi kamu yang belum terbiasa menyampaikan gagasan di depan umum sejak SMA/MA/SMK. Dan kamu jadi harus bertanya-tanya, “Gimana sih cara membuat presentasi menjadi sangat menarik dan memukau?” “Gimana sih membuat teman-teman dan dosenku terkesan dengan apa yang aku sampaikan.” Baca lebih jauh, karena disini kamu akan temukan semua jawaban untuk membuat presentasi lebih hidup, aktif, kondusif, tenang, nyaman dan menyenangkan. 


TIPS MEMBUAT (POWERPOINT) PRESENTASI YANG BAIK


Bagian pertama kita mulai dengan membuat file presentasi yang baik. Kamu terlebih dahulu harus bisa menggunakan fungsi-fungsi dasar Microsoft Powerpoint untuk memaksimalkan penampilanmu (atau boleh juga dengan aplikasi office presentasi lainnya)


1. BERIKAN DULU GAMBARAN UMUM BARU MASUK KE SUB BAHASAN

Ini adalah masalah paling sering dalam presentasi teman-temanku. Presentasi yang baik harus dimulai dari gambaran umum. Ibarat menerangkan jalan kepada seorang Turis, kamu tidak bisa menunjukkan hotel yang kamu maksud dengan memberikan foto pintu hotelnya. Terlebih dahulu kamu harus tunjukkan peta kota Medan, lalu arahkan ia menuju hotelnya, “Nanti ketemu simpang lampu merah ketiga belok kanan, lalu jumpa tugu sisingamangaraja terus aja, ntar di sebelah kiri …. Dst”

2. LENGKAPI DENGAN GAMBAR YANG TAJAM DAN TEPAT SASARAN

Presentasi yang monoton sama membosankannya seperti dosen profesor yang monoton. Presentasi tidak akan ada bedanya dengan papan tulis biasa jika kamu tidak menambah gambar video atau media apapun yang menjelaskan. 

3. FONT TULISAN JANGAN SAMPAI TERLALU KECIL

Karena presentasi bukan kopian makalah, melainkan hanya poin-poin ringkas agar kamu tak perlu menulis di papan tulis lagi, sisa penjelasan lengkapnya haruslah dari mulut dan gesturemu. 

4. PILIH WARNA TEKS YANG KONTRAS DENGAN LATAR BELAKANG

Ini juga cukup sering. Sebaik apapun isinya, jika audiensmu sakit mata melihatnya, mereka tidak akan fokus. Perhatikan gelap terang warna font dan latar belakang slide presentasimu.

5. JANGAN GUNAKAN SELURUH FONT DAN EFEK YANG KAMU PUNYA

Seperti semua pemula lainnya, biasanya kamu yang baru belajar akan menggunakan semua efek transisi slide yang ada, semua efek entrance yang ada, semua efek suara, semua efek teks dll. JANGAN!!! Lebay adalah symbol dari kampungan. Transisi slide sederhana akan membuat tampilan presentasimu lebih elegan


Setelah file presentasimu selesai. Berikutnya adalah mempersiapkan dirimu untuk tampil sebaik-baiknya. Sebagus apapun file berkas presentasimu, tetap saja kamulah actor utama yang harus membawa presentasinya. Jadi persiapkan dirimu dengan baik



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to Comment..
Bagi yang punya email silakan komentar pakai akunnya,
Bagi blogger atau pengunjung lainnya gunakan nama dan url (supaya bisa disapa)

 

Tulisan Populer